Forum Lintas Perangkat Daerah Bidang Ekonomi dan SDA

Bappeda Kabupaten Sambas menggelar kegiatan Forum Lintas Perangkat Daerah (LPD) Bidang Ekonomi dan SDA di Aula Distan KP Kabupaten Sambas. Jumat (15/3/2024). 

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, Kepala Bappeda Kabupaten Sambas, Yudi, S.Sos., mengatakan terselenggaranya kegiatan tersebut untuk berkolaborasi antar Perangkat Daerah melalui strategi dan prioritas Perangkat Daerah untuk menjawab permasalahan, isu strategis, serta saran dan masukan dari stakeholders.

“Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah (PD/LPD) Kabupaten merupakan wahana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapat manfaat atau dampak dari program dan kegiatan PK/LPD sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah,” katanya. 

Forum PD/LPD Kabupaten membahas dan mensinergikan antara prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari Musrenbang Kecamatan dengan Rancangan Renja PD yang bersumber dari Renstra PD, sebagai bahan untuk penyempurnaan Rancangan Renja PD Kabupaten. 

“Penyelenggaraan Forum PD/LPD Kabupaten dilakukan dengan mempertimbangkan urgensi, efisiensi dan efektifitas sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian dapat diselenggarakan oleh masing-masing PD Kabupaten atau dilaksanakan secara gabungan beberapa PD Kabupaten di bawah koordinasi Bappeda Kabupaten,” ujar Yudi. 

Selain itu, Forum PD/LPD Kabupaten dapat digunakan DPRD Kabupaten atas nama komisi untuk menyampaikan Pokok-pokok Pikiran hasil kegiatan reses dan Rapat Dengar Pendapat dengan masyarakat/Pemda yang telah dirapat-paripurnakan oleh DPRD Kabupaten untuk ditelaah, dibahas dan memperoleh kesepakatan bersama. 

Ia menambahkan bahwa tujuan dari Forum Lintas Perangkat Daerah (LPD) Bidang Ekonomi dan SDA tentunya untuk menyelaraskan program dan kegiatan PD Kabupaten sesuai dengan tugas dan fungsi PD Kabupaten berdasarkan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan. 

“Mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan PD Kabupaten sesuai dengan tugas dan fungsi PD Kabupaten, menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing PD Kabupaten, dan menyelaraskan program dan kegiatan antar PD Kabupaten dalam rangka sinergitas pelaksanaan dan optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing PD Kabupaten,” jelas Yudi. 

Lebih lanjut, Yudi menuturkan bahwa forum tersebut harus saling menguatkan, mempadupadankan/mempaduserasikan usulan Perangkat Daerah satu dengan Perangkat Daerah lainnya. 

“Forum ini bagian dari penguatan program usulan masing-masing perangkat daerah, yang mana usulan yang kita sampaikan tidak bisa berdiri sendiri, harus bersinergi dengan perangkat daerah yang lainnya,” pungkasnya. (Nik)