Panen Padi Salibu di Sabaran Kecamatan Jawai Selatan

distankp.com- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas melalui bidang penyuluhan melaksanakan kegiatan panen padi salibu, dalam kegiatan tersebut Turut hadir Sekretaris Distankp Eddy Ruskandi, SP, Kebid Tanaman Pangan Elyandri, S.PKP, dan Sub Koordinator Ketenagaan Bidang Penyuluhan Evi Etrovia, SP, yang dilaksanakan  di Kelompok Tani Jaya Lestari Desa Sabaran Kecamatan Jawai Selatan (Selasa, 21 Maret 2023).

Dalam kegiatan tersebut Anshari, S.Pt sebagai Kelompok Jabatan Fungsional Penyuluh Kabupaten menjelaskan Salibu (salinan ibu) merupakan teknologi budidaya padi.

”Salibu (salinan ibu) merupakan teknologi budidaya padi yaitu tunggul padi yang telah panen di potong dengan ketinggian 2-4 cm dari permukaan tanah sawah. Tunas (anak padi) yang tumbuh dipelihara seperti induknya sampai panen”ungkapnya.

Untuk hasil panen anshari juga mengatakan hasil yang didapat sekitar 5,2kg

“Dalam hasil ubinan pada panen tersebut di bersihkan dan di lakukan penimbangan untuk mengetahui provitas panen dengan hasil yang di dapat 5,2 Kg” jelasnya.

Tidak hanyan kegiatan panen padi kedatangan tim dari kabupaten ini juga melakukan pertemuan penyuluh Zona JJST yang dilaksanakan di beberapa kecamatan seperti (Jawai, Jawai Selatan dan Tekarang) di hadiri oleh Koordinator BPP Kecamatan masing-masing, seluruh penyuluh pertanian dan petani binaan.

Pertemuan di laksanakan dikediaman bapak Pendi sebagai Ketua Poktan Serumpun, dalam pertemuan tersebut dilakuakan beberapa kegiatan seperti mendengarkan arahan Sekretaris Distankp kemudian dilanjutkan diskusi, sharing informasi serta evaluasi kegiatan.

Melalui kegiatan pertemuan zona ini diharapkan penyuluh dapat mengembangkan inovasi serta penerapan teknologi yang dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian.(jda)