Launching Kampung Semangka Desa Sagu, Kecamatan Galing

Distankp.com – Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., menghadiri Launching Kampung Buah Semangka di Dusun Binawarsa, Desa Sagu, Kecamatan Galing. Rabu (13/12/2023). 

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Sambas, Hj. Yunisa, S.Pd., M.AP., Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sambas, Drs. Hermanto, M.Si., Kepala Dinas Perkim LH, Firman, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Ir. Musanif, M.T., Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, dr. Ganjar Eko Prabowo, M.M., Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sambas, H. Zainal Abidin, Camat Galing Suriawan, dan tamu undangan lainnya. 

“Alhamdulillah saya berbahagia sekali pada sore ini kita berada di Kebun Semangka Petani Milenial Kabupaten Sambas. Kita panen buah semangka yang beratnya satu buah bisa mencapai lima hingga enam kilogram,” Ungkap Satono. 

Ia mengatakan bahwa dalam satu tahunnya bisa mencapai tiga kali panen dan yang terpenting tempat pemasarannya sudah ada. 

“Seperti yang disampaikan oleh Petani Muda tadi, hasil dari kebun buah semangka ini satu tahun bisa tiga kali panen, kemudian sektor hilirnya sudah ada yang menampung, itu yang terpenting,” Katanya. 

“Bibit semangkanya sudah ada, tanahnya subur, kemudian untuk penampung sudah tersedia. Satu hektar itu bisa mencapai keuntungan sekitar 70 persen dari modal yang dikeluarkan sebanyak 30 persen. Tentu ini adalah potensi yang harus ditingkatkan,” Sambungnya. 

Bupati Sambas menghaturkan terima kasih banyak kepada petani-petani muda yang tangguh-tangguh. Ia sudah melihat banyak petani muda yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Sambas yang telah berhasil berkebun. 

“Terus digalakkan dalam rangka meningkatkan ekonomi kerakyatan, jadi anak muda kita tidak perlu lagi bekerja ke Malaysia menjadi Kuli, cukup di sini dan menjadi bos semangka membuka lapangan pekerjaan. Nantinya saya juga memberikan hand sprayer sebanyak lima buah, mudah-mudahan bisa membantu,” Tuturnya. 

Satono berpesan, ini semua hasil yang bagus, tetapi satu hal jangan lupa ketika sudah sampai nisab bayarlah zakat dan berinfaq agar berkah, semakin banyak kita infaq dan zakat maka semakin subur tanah dan semakin bagus hasilnya, inshaa Allah berkah. 

“Saya harap ini sebagai contoh bagi pemuda-pemudi lainnya di Kabupaten Sambas kalau semua pemuda di Kabupaten Sambas seperti Bang Ali ini luar biasa, tidak ada pengangguran lagi di Kabupaten Sambas, ekonomi kerakyatan terus meningkat apalagi IPM Kabupaten Sambas sudah menduduki peringkat pertama se-Kabupaten di Kalbar,” Pungkas Satono.