Pemda Sambas Serahkan Alsintan Kepada Petani

Distankp.com – Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., menyerahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Kepada Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Sambas Tahun 2023 di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas. Senin, (4/12/2023).

Ia mengatakan Alsintan merupakan alat-alat yang digunakan dalam bidang pertanian untuk memperlancar dan mempermudah petani dalam mengolah lahan dan hasil-hasil pertanian.  

“Salah satu bukti konkret Pemda Sambas hadir walaupun baru 3,5 miliar bersama DPRD Kabupaten Sambas untuk menyediakan alat dan mesin pertanian untuk Kelompok Tani (Poktan) yang ada di Kabupaten Sambas,” Ungkap Bupati Sambas. 

Meski belum semua Poktan yang mendapatkan bantuan, alat tersebut harus digunakan dengan sebaik mungkin bersama Kelompok, dan jangan hanya digunakan untuk perorangan. 

Satono juga berpesan kepada Poktan untuk selalu merawat alat tersebut agar tetap kuat, awet, dan tidak karatan karena dibiarkan berjemur dan berhujan di kebun. 

“Dijaga dan dipelihara dengan sebaik mungkin, jangan dibiarkan alat setelah dipakai berjemur berhujan di kebun, itu tidak akan bertahan lama,” Pesan Bupati Sambas. 

Alsintan ini merupakan bagian dari salah satu cara Pemda Sambas untuk mendorong agar hasil produksi masyarakat meningkat. 

“Saya ingin sektor pertanian menjadi atensi kita semuanya, bukan hanya pemerintah dan petani tetapi kita semuanya harus bersatu padu bagaimana mendorong percepatan untuk meningkatkan produktivitas pertanian,” Jelas Satono. 

Dalam kesempatan yang sama, Satono juga menyampaikan bahwa pada tahun 2023, Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Sambas meningkat secara signifikan yakni nomor tiga tertinggi di Kalimantan Barat.

“Alhamdulillah kabar baik, Kabupaten Sambas tahun 2023 ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita naik menjadi peringkat ketiga hari ini. Belum pernah IPM Kabupaten Sambas ini menduduki peringkat ketiga,” Tuturnya. 

Tahun 2022 IPM Kabupaten Sambas ranking ke lima bisa mengalahkan Kabupaten Ketapang, hari ini IPM Sambas yang diukur dari sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, yang didalamnya juga include sektor pertanian. 

“Salah satu penyumbang IPM masuk dalam golongan ekonomi, ya, itu pertanian. Pangan kita bagus dan kita penyumbang 40 persen pangan di Kalimantan Barat, berkat kerja keras bapak ibu semuanya,” Pungkas Satono. 

Adapun Alsintan yang diserahkan kepada Poktan di Kabupaten Sambas diantaranya Hand Traktor Rotari sebanyak 4 unit, Hand Traktor Singkal 3 unit, Cultivator 48 unit, Mesin Pompa Air 9 unit, Pipa 1 unit, Power Thrasher 25 unit, Combine 2 unit, Kendaraan Roda Tiga 8 unit, Mesin Penghalus Sekam 1 unit, Mesin Pencacah Rumput 6 unit, Appo 1 unit dan Hand Sprayer 209 unit.